Senin, 22 April 2013

RENCANA PENGAJARAN PEMBELAJARAN



RENCANA PENGAJARAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                      :                       Ekonomi
KELAS / SEMESTER                     :                       VII / 1
MATERI POKOK                            :                       Manusia sebagai makhluk sosial dan
                                                                                    ekonomi dalam memenuhi kebutuhan”
PERTEMUAN KE                           :                       1 dan 2
ALOKASI WAKTU                         :                       4 x 45 Menit

Standard Kompetensi
“Memahami Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi dalam Memenuhi Kebutuhan”
Kompetensi Dasar
·         Mendeskripsikan Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi  yang Bermoral dalam Memenuhi Kebutuhan
·         Mendeskripsikan Prilaku Manusia dalamPemanfaatan Sumber Daya dalam Memenuhi Kebutuhan
Indikator

  •   Mengidentifikasikan manusia sebagai makhluk sosial

  •   Mengidentifikasikan manusia sebagai makhluk ekonomi

  • Mengidentifikasikan faktor-faktor internal yang mempengaruhi kebutuhan
  • Mengidentifikasikan fakto-faktor eksternal yang mempengaruhi kebutuhan



A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari materi ini siwa diharapkan mampu mengidentifikasikan usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan, dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

B.     MATERI PEMBELAJARAN

Kebutuhan Manusia adalah sesuatu yang harus dipenuhi oleh manusia
·         Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi yang Bermoral
·         Prilaku Manusia dalam Pemanfaatan Sumber Daya dalam memenuhi kebutuhan

C.    ALAT DAN SUMBER BAHAN

·         Alat                             :
White Board
Snowman
Proyektor
TV

·         Sumber Belajar         :
Buku Paket
Sumber Referensi Lainnya
(Internet, Surat Kabar, Artikel, Jutnal-jurnal, Majalah)
Dan Lain-lain

D.    STRATEGI PEMBELAJARAN

·         Strategi                       :
·         Pendekatan                :
·         Metode                       :           Kombinasi ceramah, observasi langsung,
                                                tanya jawab. pemberian tugas dan inkuiri

E.     SKENARIO PEMBELAJARAN

·         Kegiatan Awal

Ø  Apresiasi  :

Guru meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang, manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi dalam kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Kemudian guru menggunakan sarana audio visual untuk memperlihatkan tayangan yang berhubungan dengan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan. Atau melakukan pengamatan langsung dilingkungan sekolah atau masyarakat, dan dalam kegiatan ini siswa dihimbau mencatat hasil observasinya.

Ø  Motivasi  :

Momotivasi siswa betapa pentingnya manusia memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dan hal-hal apa saja yang mempengaruhinya.

·         Kegiatan Inti

Pertemuan 1

Ø  Dengan pemberian materi siswa dapat mengetahui konsep manusia dalam memunuhi berbagai kebutuhan hidupnya
Ø  Selanjutnya siswa dibagi dalam 5 kelompok, dimana setiap kelompok tergiti dari 7 Orang, disesuaikan dengan jumlah siswa.



Pertemuan Kedua

Ø  Kelompok 1
Diberi Tugas melakukan pengamatan dilingkungan sekolah mengenai bagaimana cara teman0tamannya bersosialisasi dan memenuhi kebutuhan

Ø  Kelompok 2
Diberi tugas mengamati manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi dalam lingkungan masyarakat sekitar sekolah

Ø  Kelompok 3
Diberi tugas mengobservasi bagaimana pemenuhan dan interaksi masyarakat dipekotaan dalam memenuhi kebutuhan

Ø  Kelompok 4
Diberi tugas meneliti faktor0faktor internal yang mempengaruhi kebutuhan dalam lingkungan sekitar

Ø  Kelompok 5
Diberi tugas melaksanakan pengamatan bagaimana pengaruh luar (eksternal) terhadap kebutuhan manusia

Ø  Setelah itu setiap kelompok mengumpulkan lembar hasil pengamatannya di lapangan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar